Kelas : 2
Tema : 1 Hidup Rukun
Subtema : 2 Hidup Rukun di Tempat Bermain
Pembelajaran : 1-2
KD : PPKn (3.1) B.I (3.1) Matematika (3.1) SBdP (3.3)
Good morning my students, how are you today? I hope you always healthy and happy π
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksakan sholat dhuha dan muroja'ah.
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat menuliskan kalimat ajakan dengan bahasa yang santun, melalui membaca terhadap teks percakapan dengan tepat.
2. Peserta didik dapat menirukan gerakan bermain (kepala,tangan dan kaki), melalui pengamatan terhadap gambar dengan tepat.
3. Peserta didik dapat membandingkan dua kumpulan benda dengan istilah lebih banyak, sama dengan dan kurang dari, melalui menghitung kubus satuan pada gambar dengan tepat.
4. Peserta didik dapat menyebutkan kembali isi beserta kalimat ajakan dalam teks yang disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun, melalui membaca teks percakapan tentang hidup rukun.
5. Peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku di tempat bermain yang sesuai dengan sila pertama dan kedua Pancasila dengan benar, melalui membaca teks percakapan tentang hidup rukun.
Video Pembelajaran :
Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1
Video Pembelajaran :
Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2
Ringkasan Materi :
Bahasa Indonesia KD 3.1
Kalimat Ajakan
Kalimat ajakan adalah kalimat dari seseorang untuk mengajak orang lain melakukan sesuatu. Kalimat ajakan menggunakan kata ayo atau mari. Kalimat ajakan diakhiri dengan tanda seru (!)
Contoh kalimat ajakan:
1. Ayo, kita bermain bersama!
2. Mari, kita menjaga persatuan dan kesatuan bangsa!
Mengamati
Udin dan teman-teman sangat kompak.
Banyak kegiatan yang dilakukan bersama.
Misalnya, memperingati hari kemerdekaan.
Bacalah percakapan di bawah ini dengan teliti!
Contoh kalimat yang menunjukkan ajakan kepada orang lain:
1. Ayo kita ikut lomba itu, sepertinya menyenangkan!
2. Ayo, aku bantu memompanya.
3. Mari kita mempersiapkan keperluan untuk menghias sepeda kita.
Udin rukun dengan teman-teman yang tinggal di sekitar rumahnya.
Ia sering membantu teman yang membutuhkan pertolongan.
Bagaimana dengan kamu?
Ketika bermain, Udin juga selalu menjaga kerukunan.
SBdP KD 3.3
Perhatikan gerakan-gerakan pada gambar di atas.
Mula-mula, lakukan gerakan itu tanpa hitungan.
Selanjutnya, lakukan gerakan itu dengan hitungan
bersama teman-temanmu.
Gerakan keseharian juga dapat dilakukan dengan
menggerakkan tangan, kepala, dan kaki.
PPKn KD 3.1
Pengamalan Pancasila 1 & 2
Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam bermain antara lain sebagai berikut:
1. Pengamalan Sila Kesatu: Ketuhanan yang Maha Esa
Berhenti bermain karena sebentar lagi magrib. Segera pulang, mandi, dan melaksanakan salat magrib berjamaah dengan anggota keluarga.
2. Pengamalan Sila Kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Menolong teman yang jatuh saat bermain
Ayo Berlatih
Udin menghias sepeda di rumah Edo.
Urutkan gambar-gambar di bawah ini agar menjadi cerita!
Udin berteman baik dengan Edo.
Ketika Edo mendapat kesulitan, Udin mau membantu.
Meskipun sedang asyik bermain, Udin tidak melupakan kewajiban beribadah.
Sikap Udin dan Edo sesuai dengan pengamalan Pancasila, terutama sila pertama dan kedua.
Matematika KD 3.1
Perhatikan banyak kubus satuan di bawah ini.
Kita dapat membandingkan jumlahnya dengan memperhatikan bagian kubus dengan nilai tempat yang sama.
Perhatikan ratusannya, 100 kurang dari 300.
Kubus yang lebih banyak adalah yang bagian kiri 100+40+80 = 148.
Tugas
1. Buatlah kalimat ajakan seperti contoh dari video di atas (tuliskan di bukumu)!
SHARE: FACEBOOK | TWITTER | PINTEREST
TIDAK ADA KOMENTAR:
KIRIMKAN INI LEWAT EMAIL
BLOGTHIS!
BERBAGI KE TWITTER
BERBAGI KE FACEBOOK
PENILAIAN HARIAN TEMA 1 SUBTEMA 1
senin, 31 juli 2023
Kelas : 2
Tema : 1 Hidup Rukun
Subtema : 1 Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran : Penilaian Harian
Semangat pagi anak-anak bu guru yang sholih sholihah kelas 2 A π Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar dan beribadah.
Sebelum belajar, mari kita melaksanakan sholat dhuha dan muroja'ah ya nak.
Hari ini kita akan melaksanakan penilaian harian Tema 1 Hidup Rukun, Subtema 1 Hidup Rukun di Rumah.
Sebelum memulai mengerjakan soal, silakan berdoa terlebih dahulu agar ananda semua diberikan Allah kemudahan dalam menjawab soal aamiinπ
Selamat mengerjakan, semoga berhasil π€
SHARE: FACEBOOK | TWITTER | PINTEREST
TIDAK ADA KOMENTAR:
KIRIMKAN INI LEWAT EMAIL
BLOGTHIS!
BERBAGI KE TWITTER
BERBAGI KE FACEBOOK
MATERI AJAR TEMA 1 SUB 1 PB 6
jumat, 28 juli 2023
Kelas : 2
Tema : 1 Hidup Rukun
Subtema : 1 Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran : 6
K.D. : PPKn (3.1) B.I (3.1) Matematika (3.1)
Tabik Pun π anak-anak bu guru yang sholih sholihah kelas 2 A π Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar dan beribadah.
Sebelum belajar, mari kita melaksanakan sholat dhuha dan muroja'ah ya nak.
A. Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan diberikan cerita hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa
dapat menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai sila keempat Pancasila
di rumah dengan benar.
2. Dengan diberikan cerita hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa
dapat menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai sila kelima Pancasila
di rumah dengan benar.
3.Dengan diberikan gambar kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat
menyebutkan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan bilangan tiga
angka dengan teliti.
B. Video Pembelajaran :
https://youtu.be/vCePANsd0hs
C. Ringkasan Materi :
Muatan PPKn :
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melakukan kerja sama bersama anggota keluarga kita, seperti memasak bersama, merawat tanaman bersama, dan membersihkan rumah bersama. Kerja sama adalah melakukan suatu pekerjaan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama adalah contoh penerapan Sila Ketiga.
Ayo Membaca
Udin dan Mutiara rukun dalam melakukan tugas-tugas di rumah.
Mereka mempunyai tugas membersihkan rumah dan halaman.
Bagaimana agar tugas itu dapat diselesaikan dengan baik?
Ayo Berdiskusi
Bacalah teks berikut!
Kebersihan rumah tempat tinggal Udin selalu terjaga.
Setiap anggota keluarga bertugas menjaga lingkungan rumah.
Udin dan Mutiara bertugas menjaga keindahan
halaman rumah.
Mereka melaksanakan tugas dengan cara bekerja sama.
Muatan B.Indonesia :
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring teks percakapan di bawah ini!
Ayah : Hari Minggu nanti kita akan berwisata.
Kalian ingin pergi ke mana?
Udin : Aku ingin pergi ke kebun binatang.
Mutiara : Bagaimana kalau ke pegunungan saja?
Ibu : Wah, ada dua pendapat nih. Mana yang akan kita pilih?
Udin : Liburan kali ini saya ingin ke kebun binatang.
Ayah : Mari kita ambil jalan tengah. Ada yang mau mengajukan usul?
Mutiara : Begini saja, saya punya usul. Liburan kali
ini kita pergi ke kebun binatang. Liburan
selanjutnya kita pergi ke pegunungan.
Udin : Kakak baik sekali. Maaf ya, Kak. Aku
sudah bicara terlalu keras tadi. Baik, aku
setuju.
Ibu : Itulah manfaatnya kalau persoalan
diselesaikan dengan kepala dingin.
Ayah : Kalian memang anak-anak yang hebat.
Muatan Matematika :
D. TUGAS :
1. Tuliskan contoh pengamalan sila ke empat yang pernah kamu lakukan di rumah !
2. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat!
E. Penutup :
Demikian materi pembelajaran pada Tema 1 Hidup Rukun, Subtema 1 Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran 1 sampai 6 tentang Simbol-simbol Sila Pancasila dan bunyinya, ungkapan dan maknanya, menghitung kumpulan kubus sesuai nilai tempat, dan panjang pendek lagu.
Hari Senin kita akan melaksanakan Penilaian Harian Tema 1 Subtema 1.
Semoga ananda selalu sehat dan semangat belajar sehingga dapat menjawab soal dengan mudah aamiin ππ₯°
SHARE: FACEBOOK | TWITTER | PINTEREST
TIDAK ADA KOMENTAR:
KIRIMKAN INI LEWAT EMAIL
BLOGTHIS!
BERBAGI KE TWITTER
BERBAGI KE FACEBOOK
MATERI AJAR TEMA 1 SUB 1 PB 5
kamis, 27 juli 2023
Kelas : 2
Tema : 1 Hidup Rukun
Subtema : 1 Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran : 5
Tabik Pun π anak-anak bu guru yang sholih sholihah kelas 2 A π Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar dan beribadah.
Sebelum belajar, mari kita melaksanakan sholat dhuha dan murojaah ya nak.
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di rumah dengan dengan bahasa yang santun
2. Dengan diberikan kalimat yang mengandung ungkapan, siswa dapat
menuliskan makna ungkapan tersebut dalam kalimat yang santun
Tugas :
1. Ceritakan dengan singkat kebiasaan baik yang kamu lakukan berhubungan dengan sila ketiga Pancasila di rumah!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar