24 September 2020

TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN KE 3 DAN 4

 Assalamulaikum.wr.wb.

Apa kabar anak sholeh/sholeha V C ? semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya, tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :

https://forms.gle/r6xjpuEbvRuzxZiA9

Hari/tanggal : Kamis, 24 September 2020

Pembelajaran 3 dan 4                                                                                                                

 Muatan Pelajaran : PPKn (KD 3.3, 4.3), Bahasa Indonesia (KD 3. 4, 4.4), IPS (KD 3. 2, 4. 2)

PPKn (KD 3.3, 4.3)

Keragaman Adat IstiadatAdat istiadat adalah perilaku masyarakat yang menjadi ciri khas suatu daerah tertentu. Adat istiadat diterapkan secara turun temurun sehingga menjadi sebuah kebiasaan dalam kehidupan masyarakatnya.

Adat istiadat dibedakan menjadi 2 jenis :

1.   Tertulis (peraturan atau dokumen)

2.   Tidak tertulis (ceritarakyat, tarian daerah, dan upacara adat)

 

Contoh adat istiadat : Ngaben(Bali), Tabuik (Sumatera Barat), Dugderan (Semarang), dan Lompat Batu Fahombo (Nias)

 

Makna Semboyan Bhineka Tunggal Ika

 

 

Kita harus saling menghormati dan menghargai yang dapat terwujud melalui kerja sama.

Bahasa Indonesia (KD 3. 4, 4.4)

Perbedaan Bahasa Iklan Media Cetak dan Elektronik

Iklan media cetak

ü Iklan disampaikan tertulis, sehingga dapat dibaca kapan saja.

Iklan media elektronik

ü Iklan dilihat, didengar, dan dibaca teksnya

ü Iklan hanya ditampilkan dalam waktu singkat

ü Bahasa yang digunakan dapat berupa formal maupun nonformal

Persamaannya, sama-sama dibuat untuk meyakinkan dan memengaruhi pembaca atau pendengarnya.

Isi pada Iklan Media ElektronikUntuk dapat memahami isi iklan pada radio, dengarkanlah iklan dengan seksama. Sedangkan pada televisi, lihat, dengar, dan bacalah teks yang disajikan dengan seksama.Kita perlu mengingat kata kunci yang terdapat pada iklan elektonik karena biasanya disampaikan dalam waktu yang singkat. Kata kunci pada iklan dapat ditemukan pada slogan serta kalimat persuasif yang ada pada iklan tersebut.

IPS (KD 3. 2, 4. 2)

Upaya Pembangunan Sosial dalam MasyarakatSetiap negara memiliki rancangan pembangunan dibidang sosial, budaya, dan ekonomi sesuai dengan program dan kemampuannya masing-masing.Pembangunan sosial adalah semua aktivitas yang terkait dengan aspek sosial dan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan sosial.Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial, antara lain penyuluhan kesehatan, koperasi, dan kegiatan ekonomi pasar.

Aktivitas Masyarakat dalam Upaya Pembangunan sosial BudayaPembangunan adalah serangkaian proses yang dilakukan manusia untuk memperbaiki taraf hidupnya. Negara Indonesia melakukan pembangunan digegala bidang agar masyarakat makmur sejahtera. Kerja sama yang baik sangat dibutuhkan agar tujuan pembangunan social budaya tercapai. Keragaman justru menjadi motivasi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Berikut beberapa upaya untuk menyukseskan pembangunan social budaya di Indonesia

ü Berlatih tari di sanggar tari

ü Berlatih memainkan alat musik daerah

ü Menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi

ü Mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah 

Objek wisata pantai merupakan salah satu upaya pembangunan sosial ekonomi bagi masyarakat pesisir.

Untuk latihan soal silahkan klik link di  bawah ini :

https://forms.gle/eKtnEU1ziT7rpjkp8

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Sikap Adil di Masyarakat PAK

  Hari/tanggal       : Jumat, 15-11-2024 Kelas : 2 A Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarn...