23 Oktober 2020

TEMA 4 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3 DAN 4

 Hari/tanggal : Jum'at, 23 Oktober 2020                                                                                                                                

Pembelajaran 3 dan 4                                                                                                              

 Muatan Pelajaran : PPKn (KD 3.2, 4.2), Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6), IPS (KD 3. 2, 4.2)

PPKn ( KD : 3.2, 4.2 )

Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan

Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya. Sehingga antarindividu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama. Sebagai makhluk sosial, manusia merupakan anggota masyarakat yang memiliki tanggung jawab kepada anggota masyarakat lainnya untuk melamgsungkan hidupnya di dalam masyarakat.

Tanggung jawab sebagai masyarakt tersebut harus diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat. berikut jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat:

1. Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.

Karena terdiri dari berbagai individu, tentu banyak perbedaan di dalamnya. Sebagai anggota masyarakat yang bertanggung jawab, tidak menjadikan perbedaan tersebut menjadi suatu perpecahan. Kita harus tetap memelihara serta menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat. Prinsip-prinsip dasar untuk menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat adalah: Menciptakan lingkungan hidup yang seimbang dan selaras.

2. Saling mengasihi dan membina antar individu.

Tidak membuat perbedaan menjadi perpecahan, tetapi fokus pada tujuan yang sama Contoh perilaku memelihara rasa persatuan dak kesatuan masyarakat, yaitu: Rukun tetangga harus terus dilakukan Menyelesaikan permasalahan secara musyawarah dan mufakat bersama-sama.

3. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.

 Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Tidak membedakan suku, ras, dan agama dalam bergaul di masyarakat Memelihara ketertiban dan keamanan bermasyarakat Ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat menjadi tanggung jawab setiap individu. Ketertiban dan keamanan di masyarakat daopat dilakukan dengan membuat aturan yang bisa dipahami dan dipatuhi ileh semua anggota masyarakat tersebut. Contohnya, membuat jadwal ronda malam yang dilakukan secara bergilir oleh anggota masyarakat. Jadwal dan aturan jam ronda malam harus menjadi tanggung jawab individu yang kebagian, sehingga harus dilaksanakan tujuan dan budaya antarwarga dalam masyarakat sama. Dengan kepentingan yang sama ini, setiap warga sebaiknya memperkuat hubungan antarwarga dengan mengesampingkan perbedaan yang ada.

4. Sikap solidaritas

Sikap solidaritas tersebut akan membuat setiap warga bisa menerima perbedaan yang ada, karena dapat saling bergaul dan memaklumi perbedaan yang ada. Solidaritas harus terus ditingkatkan di masyarakat, salah satunya dengan mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi. Contoh sikap solidaritas, yaitu saling membantu, peduli satu sama lain, kerja sama, serta berpartisipasi dalam membangun wilayah secara bersama-sama. Kegiatan gotong royong tentu menjadi kegiatan nyata untuk menciptakan solidaritas antarwarga. Bentuk kerja sama tidak hanya dilakukan di pedesaan, melainkan juga daerah perkotaan.

 

IPS ( KD : 3.2 dan 4.2

Interaksi dalam Bidang Pendidikan

4 macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu :

1. interaksi siswa dengan siswa. misalnya dedi dan jonas bediskusi materi pelajaran yg di sampaikan oleh guru

2. interaksi siswa dengan guru. misalnya guru menjawab pertanyaan yg diajukan oleh siswa

3. interaksi siswa dengan sumber belajar. wujud interaksi antara siswa dan sumber pelajar dapat bermacam-macam

4. interaksi siswa dengan lingkungan. misalnya siswa SD mentari melakukan karyawisata ke pantai, dan lain-lain

 

 

Contoh interaksi dalam bidang pendidikan




upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melaluipendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.

 Melalui pendidikan,maka akan tercapai kesejahteraan masyarakat.

 Berikut contoh aktivitasmasyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya :

1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

2) Mengikuti pelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, danmembuat karya kerajinan lainnya.

3) Turut serta dalam organisasi masyarakat.

 Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan socialbudaya melalui pendidikan.

1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan olehpemerintah.

2) Mengikuti pelatihan keterampilan, seperti menjahit, membatik, danmembuat karya kerajinan lainnya.

 

Bahasa Indonesia ( KD : 3.6 dan 4.6 )

Isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia

Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.

Contoh pantun anak anak :

Pergi ke warung membeli Koran

Sekalian membeli benang

Ayo bermain kejar kejaran

Badan sehat hati senang

Isi (makna) pantun : bermain kejar kejaran membuat badan sehat dan hati senang.

Amanat pantun : Anak anak sebaiknya bermain agar hati senang.

 Contoh Pantun Orang Muda :

 

Mengangkat batu setinggi bahu

Batu diangkat berat rasanya

Jikalah boleh aku tahu

Baju biru siapa namanya ?

Isi (makna) pantun : Keinginan seseorang untuk berkenalan.

Amanat pantun : Saat berkenalan, sebaiknya dilakukan dengan santun

Pantun di atas memiliki ciri-ciri :

1. Bersajak a-b-a-b

2. Satu bait terdiri dari atas empat baris

3. Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata

4. Terdiri atas sampiran dan isi

 

TUGAS LATIHAN :


Tugas ananda di rumah adalah membaca blogger Pak guru dan komentari isi bloggernya di kolom komentar ya nak dan jangan lupa dipoto pada saat ananda membaca blogger Pak guru, 

terimakasih, jaga kesehatan dan tetap semangat.

25 komentar:

  1. Assalammualaikum...
    Rafa Ataya Mirza sudah membaca materi yang diberikan. terima kasih pak.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum pak.....
    Raffa Davin azka sudah membaca materi nya di blog .🙏🏻

    BalasHapus
  3. Assalammualaikum saya M.Bilhaqi.S Pak...terima kasih atas materinya ya Pak...

    BalasHapus
  4. Assalamuaalaikum Pak Rizal
    Nama : M. Attaya azhiim irham abas
    Kelas : 5C
    Ket. : Hadir
    Semangat jumat berkah😇🙏🏻🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
  5. ASSALAMUALAIKUM,,,pak
    Nama:ALVIRA SALSABILA
    Kelas:5C
    Ket:HADIR
    Saya udh baca materi ny pak,,,👍

    BalasHapus
  6. Assalammualaikum. Pak
    Nama : adam aulia rizki
    Kelas : 5c
    Ket : sayasudah membaca materinya Pak🙏

    BalasHapus
  7. Nama : Kalinda Rana Aqila
    Kelas. : 5C
    Ket. :Hadir
    Trimakasih materi nya pak....

    BalasHapus
  8. Nama: rakha azaria putra
    Kelas: 5c
    Ket: hadir saya sudah membaca yang ada di blok pak terima kasih

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum pak saya sudah membaca materi nya pak. Nama : akkira Nugroho m. Kelas:5.c

    BalasHapus
  10. Nama : Saqina Aliananda Frisa
    Kelas : 5 C
    Ket : Hadir dan sudah membaca materi Pelajaran Tema di blog. Terima kasih Pak.

    BalasHapus
  11. Nama :Ghania Aulia Salsabila
    Kelas :5c
    Ket :Hadir dan sudah membaca materi pelajaran tema di blog.
    Terima kasih pak.

    BalasHapus
  12. Nama:vidya nur nafiah
    Kls:5c
    Ket:hadir dan sudah membaca materi
    Pelajaran tema di blog.
    Trimaksih pak, 🙏🙏

    BalasHapus
  13. Alfiano
    Kelas 5c
    Hadir
    Terimakasih ya pak untuk pelajaran nya 🙏

    BalasHapus
  14. Faradyzka aurora
    Baik pak🙏🙏

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum pak
    Nama : Nur Janeeta Putri
    Kelas : 5c
    terima ksh pak untuk materi
    hari ini🙏

    BalasHapus
  16. Nama : Fadil Ubaydillah
    Kelas : 5c
    Ket : Hadir
    Setiap manusia,memiliki tanggung jawab baik terhdp diri sendri dan lingkungan masyarakat sekitarny.

    BalasHapus
  17. Nama : Fadil Ubaydillah
    Kelas : 5c
    Ket : Hadir
    Setiap manusia memiliki tanggung jawab terhadap diri sendri maupun terhdp maayarakat d lingkunganny..

    BalasHapus
  18. KEEF BINTANG
    kls 5c
    Pelajaran yang saya baca
    1.Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.
    2. Saling mengasihi dan membina antar individu.
    3. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat
    4. Sikap solidaritas

    4 macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu:

    1. interaksi siswa dengan siswa
    2. interaksi siswa dengan guru
    3. interaksi siswa dengan sumber belajar
    4. interaksi siswa dengan lingkungan

    BalasHapus
  19. Nama:Rifat Achmad El shirazy
    Kelas:5C
    Absen:26
    Hadir pak

    BalasHapus
  20. Syifa Khairunnisa Amha
    Kelas 5c
    Hadir dan sudah membaca materi yang bapak berikan

    BalasHapus
  21. Samy Mufidi 5C hadir pak..

    BalasHapus
  22. MUHAMMAD KEANDRE DAZAKI INDRAWAN
    kelas 5c
    Hadir dan sudah membaca
    Materi yang bapak berikan
    Terima kasih

    BalasHapus
  23. M.Ridho Alfachrizy
    5C
    Hadir
    Sudah membaca materi tema yang ada di blog ini
    Terima ksh pak 🙏

    BalasHapus
  24. Ass. Natasya kepas 5.C hadir & sudah membaca materi yg ada diblog ini, trims pak

    BalasHapus
  25. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus

Materi Sikap Adil di Masyarakat PAK

  Hari/tanggal       : Jumat, 15-11-2024 Kelas : 2 A Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarn...