Hari/Tanggal : Rabu, 25 Januari 2023
Tema : 5 ( Pengalamanku )
Subtema : 4 ( Pengalaman yang Berkesan )
Pembelajaran : 2 dan 3
Alat Peraga : Gambar
Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia dan MTK.
Tabik Pun 🙏
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Hopely you are healthy and happiness. 😍
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat menuliskan ungkapan rasa persahabatan dengan tepat.
2. Peserta didik dapat mengekspresikan ungkapan rasa persahabatan dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman membaca dan membuat puisi untuk sahabat
Ayo Membaca
Siti berhasil melakukan gerakan keseimbangan. Bapak guru memujinya.
Siti bersyukur. Dukungan teman-teman membuat Siti berani mencoba lagi.
Siti merasa senang memiliki teman seperti Lani dan Dayu.
Di kelas, Siti menulis puisi tentang persahabatan.
Ayo, baca puisi karangan Siti.
Terima Kasih Sahabatku
Sahabatku.
Aku sangat beruntung.
Aku miliki sahabat sepertimu.
Senang kita bersama.
Susah pun bersama.
Terima kasih Sahabatku.
Aku senang bermain bersamamu.
Kamu pun hibur aku saat masa sulitku.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apakah judul puisi yang ditulis oleh Siti?
_______________________________________________
2. Bagaimana perasaan Siti memiliki sahabat?
_______________________________________________
3. Dalam keadaan bagaimana sahabat selalu
bersama dengan Siti?
_______________________________________________
4. Kepada siapa Siti mengucapkan terima kasih
dalam puisinya?
_______________________________________________
5. Mengapa Siti mengucapkan terima kasih?
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat menuliskan ungkapan kekaguman terhadap kondisi alam yaitu hujan, dengan tepat.
2. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah sampai dengan 40 dengan tepat.
3. Peserta didik dapat menyebutkan contoh kegiatan kerja sama dalam keberagaman di rumah dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman mengenal ungkapan kekaguman dalam lagu Hujan Rintik Rintik.
• Pengalaman mengenal masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil
maksimal 40.
• Pengalaman kerja sama saat ada anggota keluarga yang sakit.
Ayo Mengamati
Hujan turun rintik-rintik.
Edo dan Beni sedang bermain di halaman rumah Beni.
Saat itu matahari masih bersinar.
Tiba-tiba Edo dan Beni melihat pelangi.
Mereka senang dan bersorak melihat pelangi yang indah.
Ini merupakan pengalaman mereka yang pertama.
Pengalaman ini sangat mengesankan bagi mereka.
Mereka melompat-lompat senang sambil bernyanyi.
Ayo Berdiskusisi
Beni dan Edo menampung air hujan dengan ember.
Mereka menampungnya ke dalam dua ember.
Sekarang ember-ember itu sudah penuh.
Beni dan Edo memasukkan bola plastik ke dalam ember-ember itu.
Beni memasukkan 13 bola ke dalam ember merah.
Edo memasukkan 10 bola ke dalam ember biru.
Mereka menghitung semua bola di ember merah dan biru.
Bagaimanakah cara menghitung semua bola di dalam ember biru dan merah? Diskusikan dengan temanmu.
Ayo Mencoba
1. Dayu melihat ada 10 burung nuri dan 16 burung kakaktua.
Berapa banyak burung yang ada di kandang burung tersebut?
2. Siti melihat ada 11 orang utan dewasa dan 18 anak orang utan.
Berapa banyak orang utan yang ada di kandang itu?
3. Di depan kandang gajah, ada 15 pengunjung laki-laki dan 13 pengunjung perempuan.
Berapakah banyak pengunjung yang ada di kandang gajah?
4. Di sekitar tempat sampah ada 14 sampah. Diatas tutup tempat sampah ada 10 sampah.
Berapa banyak sampah tersebut?
5. Sebelum pulang, Beni menghitung buaya yang ada di kandang.
Ada 11 buaya di dalam air dan 13 buaya di luar kolam.
Berapa banyak buaya yang ada di kandang tersebut?
Ayo Mengamati
Tulis huruf B untuk kalimat yang sesuai dengan cerita Edo Sakit.
Tulis S untuk kalimat yang tidak sesuai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar