Hari/Tanggal : Kamis, 2 Februari 2023
Tema : 6 ( Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri )
Subtema : 1 ( Lingkungan Rumahku )
Pembelajaran : 2 dan 3
Alat Peraga : Gambar
Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, MTK.
Tabik Pun 🙏
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Hopely you are healthy and happiness. 😍
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab siswa mampu menjelaskan ciri-ciri kalimat ungkapan petunjuk.
2. Menggunakan potongan-potongan cerita bergambar siswa mampu mengurutkan suatu kegiatan berdasarkan ungkapan petunjuk yang ada pada potongan-potongan cerita.
Materi Pembelajaran
• Menyusun cerita bergambar yang berisi ungkapan petunjuk dengan urutan yang benar
Di bawah ini gambar petunjuk cara mencuci piring, Susunan gambar belum berurutan.Gunting lalu susunlah secara berurutan
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab siswa mampu menjelaskan ciri-ciri kalimat ungkapan petunjuk.
2. Menggunakan potongan-potongan cerita bergambar siswa mampu mengurutkan suatu kegiatan berdasarkan ungkapan petunjuk yang ada pada potongan-potongan cerita.
Materi Pembelajaran
• Menyusun cerita bergambar yang berisi ungkapan petunjuk dengan urutan yang benar
Di bawah ini gambar petunjuk cara mencuci piring, Susunan gambar belum berurutan.Gunting lalu susunlah secara berurutan
Halaman rumah yang bersih dapat menjadi sarana olahraga.
Kita bisa melakukan senam lantai atau olahraga lainnya di halaman.
Halaman rumah yang banyak pepohonan akan memberi udara yang sejuk.
Olahraga di pagi hari akan menyehatkan tubuh kita.
Olahraga di rumah bersama keluarga sangat menyenangkan.
Kasih sayang keluarga juga jadi semakin kuat.
Sebelum olahraga harus pemanasan terlebih dahulu.
Pemanasan berguna agar otot-otot tubuh kita menjadi lentur.
Udin bisa membantu Ibu membersihkan lantai.
Apakah kalian suka membantu mengepel lantai rumah?
Dapatkah kamu melakukannya?
Tahukah kamu caranya?
Berikut ini adalah petunjuk cara mengepel lantai.
Di bawah ini gambar petunjuk cara mencuci piring
Susunan gambar belum berurutan.
Gunting, lalu susunlah secara berurutan.
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik mampu menyusun menjelaskan aturan yang harus diterapkan di rumah agar bisa meningkatkan kebersihan di lingkungan rumah.
2. Peserta didik mampu menunjukkan aturan yang harus diterapkan untuk menjaga kebersihan rumah dengan percaya diri.
3. Peserta didik mampu menunjukkan kalimat yang merupakan ungkapan petunjuk.
4. Peserta didik dapat mengomunikasikan hasil pengurangan dua bilangan 21-40 tanpat teknikmeminjam dengan benar.
Materi Pembelajaran
1. Mendiskusikan aturan apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan rumah dan mempresentasikannya di depan kelas
2. Bermain menyusun kalimat ungkapan petunjuk dari sebuah kata yang berhubungan dengan lingkungan rumah yang ditentukan
3. Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan proses pengurangan bilangan 21-40 tanpa teknik meminjam
Perhatikan gambar di bawah ini.
Jika kita malas membersihkan rumah, beginilah jadinya.
Suasana rumah jadi kotor dan tidak nyaman ditempati.
Banyak semut, lalat, dan serangga lainnya.
Pakaian yang kotor dan menumpuk juga akan mengundang nyamuk.
Amati gambar di bawah ini
Tahukah kamu kebiasaan yang baik dalam menjaga kebersihan?
Kebiasaan yang baik akan membuat rumah kita bersih dan sehat.
Hari ini ibu Dayu sangat sibuk.
Baru saja selesai acara arisan di rumahnya.
Setelah tamu-tamu pulang ibu sibuk mencuci piring.
Dayu membantu ibu menyusun piring di rak piring.
Dayu menghitung piring yang disusun di rak piring.
Saat sedang asyik menghitung ibu bertanya kepada Dayu.
Ibu : Dayu, tadi ibu menggunakan 35 piring.
Tapi sebagian piring milik tetangga.Piring kita hanya 24.
Coba hitung banyak piring yang ibu pinjam.
Dayu : Baik bu, aku akan mencoba menghitungnya.
Dayu : Piring yang digunakan ada 35. Piring ibu ada 24.
Ibu : Coba tentukan berapa piring pinjaman.
Dayu : Dengan mengurangkan 35 dengan 24 bu.
Ibu : Benar sekali Dayu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar