16 Februari 2023

TEMA 6 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2 DAN 3

 Hari/Tanggal        : Kamis, 16 Februari 2023

Tema                    : 6 ( Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri )

Subtema               : 3 ( Lingkungan Sekolahku )

Pembelajaran        : 2 dan 3

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika. 




Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik  mampu menggambarkan simbol sila ketiga Pancasila.
2. Peserta didik mampu mengidentifikasi kalimat yang merupakan tanggapan terhadap ungkapan perintah.
3. Melalui pengamatan cara menimbang peserta didik mampu menentukan berat benda dengan alat ukur tidak baku menggunakan benda-benda konkret dengan benar.
4. Peserta didik mampu menggunakan hasil pengukuran berat dengan alat ukur tidak baku untuk membandingkan berat dua benda dengan benar. 

Materi Pembelajaran
• Mendiskusikan sikap-sikap terhadap lingkungan sekolah yang sesuai sila ke-3 Pancasila.
• Bermain menyusun kalimat perintah dari kumpulan kartu kata dan menulis tanggapannya
• Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan proses pengukuran berat benda dengan alat ukur tidak baku. 


Ayo Mengamati!


Kebersihan lingkungan sekolah bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan.
Kebersihan lingkungan sekolah tanggung jawab semua warga sekolah.
Semua warga sekolah harus memiliki rasa persatuan dalam menjaga lingkungan sekolah.
Memiliki rasa persatuan adalah sikap yang sesuai  dengan sila ketiga Pancasila. 


Apakah kamu masih ingat bunyi sila ketiga?
Tulislah di bawah ini.
……………………………………………………………
……………………………………………………………
………………………………….…………………………
Perhatikan gambar di dalam lingkaran di bawah ini.
Beri warna lingkaran yang di dalamnya terdapat lambang sila ketiga. 


Sebagai warga sekolah kita harus bekerja sama.
Kita harus bekerja sama menjaga kebersihan.
Guru selalu memerintahkan untuk membersihkan lingkungan sekolah.
Kita harus menanggapi perintah tersebut dengan santun.
Bagaimanakah cara yang baik dalam menanggapi suatu perintah?

Perhatikan cara murid menanggapi perintah gurunya berikut ini.
Ibu Guru     : Dayu, bersihkan papan tulisnya ya. 
Dayu           : Ya Bu, segera saya laksanakan.
Ibu Guru     : Edo, jangan lupa bersihkan bekas pekerjaanmu.
Edo             : Siap, Bu.
Ibu Guru     : Dan kamu Beni, bersihkan sampah di bawah mejamu.
Beni            : Baik, Bu Guru.

Nah, begitulah cara yang baik menanggapi suatu perintah.
Apalagi jika yang memerintah orang tua kita.
Kita harus menanggapinya dengan santun. 
Biasakanlah menanggapi perintah siapa pun dengan  santun.

Ayo Berlatih!

Kamu sudah tahu bagaimana cara menanggapi perintah. 
Lakukanlah latihan berikut ini.
Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat perintah.
Setelah tersusun, buatlah kalimat tanggapannya.

Tulis tanggapannya di bawah ini.
1. ………………………………………………………
2. ………………………………………………………
3. ………………………………………………………
4. ………………………………………………………


Ayo Mencoba!

Guru memerintahkan murid-murid untuk  mengumpulkan sampah.
Sampah yang dikumpulkan adalah sampah yang dapat didaur ulang.
Misalnya sampah plastik, kaleng, kertas, atau kardus.
Sampah-sampah tersebut mempunyai berat yang berbeda.
Berat sampah dapat diukur menggunakan timbangan sederhana.
Ayo mengukur berat menggunakan timbangan sederhana.
Alat-alat yang diperlukan




Nah, kamu sudah tahu cara mengukur berat dengan timbangan sederhana.
Dari hasil pengukuran di atas apa yang paling berat dan yang paling ringan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Sikap Adil di Masyarakat PAK

  Hari/tanggal       : Jumat, 15-11-2024 Kelas : 2 A Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarn...