23 Februari 2023

TEMA 6 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1 DAN 2

 Hari/Tanggal        : Kamis, 23 Februari 2023

Tema                    : 6 ( Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri )

Subtema               : 4 ( Berkerja Sama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan )

Pembelajaran        : 1 dan 2

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar : PPKN, Bahasa Indonesia, SBdP. 




Tabik Pun 🙏

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness. 😍


Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu mengidentifikasi ungkapan perintah dengan tepat.
2. Peserta didik mampu mengidentifikasi simbol sila ketiga.
3. Peserta didik ampu mengidentifikasi masalah sehari-hari terkait dengan pengukuran berat benda dengan alat ukur tidak baku menggunakan benda-benda konkret.


Materi Pembelajaran
• Menunjukkan aturan dan bukan aturan
• Menuliskan kegiatan sesuai aturan
• Memanfaatkan barang bekas
• Menunjukkan aturan dan bukan aturan
• Menuliskan kegiatan sesuai aturan


Orang-orang tinggal di tempat berbeda.
Ada yang tinggal di kota.
Ada juga yang tinggal di desa.
Semua orang menginginkan lingkungan bersih.
Lingkungan bersih membuat tubuh sehat.
Lingkungan kotor membawa penyakit.
Bekerja samalah menjaga lingkungan tetap bersih.
Tuhan mencintai orang yang menjaga lingkungan.

  

Ayo Membaca!

Lani bercerita tentang bekerja sama
Lani bercerita tentang bekerja sama menjaga lingkungan.

Bacalah dengan nyaring.

Bekerja Sama Menjaga Lingkungan
Siti adalah tetanggaku.
Siti menanam banyak pohon di rumahnya.
Siti menyapu lingkungan rumahnya setiap hari.
Siti selalu membersihkan saluran air di depan rumahnya.
Di halaman rumah tidak ada air tergenang.
Sampah tersimpan di tempatnya dengan rapi.



Keluarga Siti tetangga yang baik.
Kami membersihkan saluran air bersama.
Kami menyiram tanaman bersama.
Kami bekerja sama menjaga lingkungan.
Aku bersyukur bertetangga dengan Siti.

Amati teks Bekerja Sama Menjaga Lingkungan.
Jawablah pertanyaan berikut.
1. Tuliskan satu kalimat tentang rumah Siti. Gunakan kata-katamu sendiri. 
....................................................................................
2. Siti menanam banyak pohon di rumahnya. Mengapa Siti menanam banyak pohon?
....................................................................................
3. Beri tahu temanmu tentang rumahmu. Gunakan kata-katamu sendiri.
....................................................................................
4. Lingkungan rumahmu kotor. Bagaimana perasaanmu?
....................................................................................


Ungkapan pemberitahuan isinya
memberitahukan  sesuatu. Misalnya, Siti menyapu lingkungan rumahnya setiap hari.
Lani memberi tahu bahwa Siti menyapu lingkungan rumahnya setiap hari. 

Ayo Mengamati! 

Siti selalu menjalankan aturan di lingkungan rumah.
Amati gambar aturan menjaga lingkungan berikut ini.
Beri tanda √ jika menunjukkan aturan.
Beri tanda × jika tidak menunjukkan aturan.


Ayo Mengamati!

Dayu sangat mencintai lingkungan.
Dayu menemukan kemoceng rusak di gudang.
Dayu ingat pesan Ibu Guru.
Kita harus  menjaga lingkungan.
Misalnya dengan memanfaatkan barang rusak.
Dayu mengajak Siti memanfaatkan kemoceng rusak.
Mereka membuat kerajinan bersama-sama.
Amati gambar berikut.



1. Lepaskan bulu ayam dari kemoceng.
2. Cuci bersih dengan air bersabun.
3. Bilas dan jemur di panas matahari.
4. Jika sudah kering, bulu ayam siap digunakan.
Amatilah karya kerajinan berikut ini.
Dapatkah kamu membuatnya?

Kumpulkan bulunya yang rontok.
Cucilah bulu tersebut sampai bersih.
Gunakan bulu tersebut  untuk berkreasi.

Pembelajaran 2 
Tujuan Pembelajaran : 
1. Peserta didik dapat menjelaskan gerak tolakan, melayang dan mendarat yang dapat dilakukan dalam aktivitas senam lantai dengan tepat.
2. Peserta didik dapat menyebutkan ungkapan pemberitahuan dengan tepat.
3. Peserta didik dapat bersyukur dan memiliki pemahaman akan keberadaannya sebagai makhluk Tuhan yang saling membutuhkan satu sama lain dan perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun, dan bertanggung jawab. 

Ayo Mengamati!

Udara terasa sejuk.
Beni berkunjung ke rumah Edo.
Edo memiliki banyak ayam.
Lingkungan sekitar rumah Edo bersih.
Keluarga Edo selalu menjaga kebersihan.
Mereka memiliki kandang ayam yang besar.
Ayam-ayam itu tidak mengganggu tetangga Edo.
Beni dan Edo mengamati gerakan ayam.
Ada yang berjalan, berlari, dan meloncat.
Saat meloncat, ayam bertolak, melayang, dan mendarat.
Tuliskan gerakan ayam di bawah gambar.



Ayo Membaca!

Beni pulang ke rumah.
Ayah mengajaknya bercakap-cakap.
Bacalah percakapan berikut.

Ayah : Dari mana, Beni?
Beni : Dari rumah Edo, ayah. 
 Edo memelihara banyak ayam di rumahnya.
Ayah : Kita boleh memelihara hewan.


Hewan peliharaan tidak boleh mengganggu tetangga. Kita harus menjaga lingkungan bersama-sama.
Beni : Edo memiliki kandang besar. Kandang dibersihkan setiap hari.
Ayah : Hewan adalah makhluk Tuhan. Kita wajib merawatnya. Cucilah tanganmu. Di meja ada pisang rebus.
Beni :  Terima kasih, ayah.
Ayah :  Jangan lupa cuci tanganmu sesudah makan.
Beni :  Baik  ayah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Sikap Adil di Masyarakat PAK

  Hari/tanggal       : Jumat, 15-11-2024 Kelas : 2 A Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarn...