Minggu, 20 Oktober 2024
Hari/tanggal : Senin, 21-10-2024
Kelas : 2 A
Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Alhamdulillah Sumatif Tengah Semester telah kita lewati bersama, semoga ananda sekalian mendapatkan hasil yang memuaskan.
Hari ini kita akan melanjutkan pelajaran B.Indonesia dan Matematika.
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.
Pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari kalimat fakta, masih ingatkah kalian apa yang dimaksud dengan kalimat fakta?
Kalimat Fakta adalah kalimat yang berisi peristiwa atau hal yang nyata, telah atau sedang terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya.
Hari ini kita akan mempelajari kalimat opini agar ananda mengetahui contoh kalimat opini dan dapat menemukan kalimat opini pada teks cerita.
BAHASA INDONESIACAPAIAN PEMBELAJARAN
Membaca
Menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual.
Bahas Bahasa
Menuliskan kalimat aktif dan pasif dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Membaca
Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual.
Bahas Bahasa
Melalui latihan berulang, peserta didik dapat mengetahui kalimat fakta.
Metode Pembelajaran
Diskusi Kelompok
Media / Alat peraga
Gambar
Sumber Belajar
Buku Pendidikan Bahasa Indonesia kelas 2 SD Masmedia, internet.
Kalimat
Fakta adalah kalimat yang berisi peristiwa atau hal yang nyata, telah
atau sedang terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya.
Berikut adalah beberapa contoh kalimat fakta: 1. Pak Prabowo adalah Presiden Republik Indonesia.2. Bumi adalah planet yang ditinggali makhluk hidup. 3. Manusia memerlukan makanan untuk hidup. 4. Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hari kemerdekaan Indonesia. 5. Bola berbentuk bulat.
Setelah mempelajari kalimat fakta, selanjutnya kita akan mempelajari kalimat opini.Kalimat opini adalah kalimat berisi pendapat, pandangan dan anggapan seseorang. Contoh
kalimat opini dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari yang
diutarakan individu/publik tetapi belum atau tidak ada bukti kebenaran
dalam pernyataannya.Matematika
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Membaca
Menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual.
Bahas Bahasa
Menuliskan kalimat aktif dan pasif dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Membaca
Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual.
Bahas Bahasa
Melalui latihan berulang, peserta didik dapat mengetahui kalimat fakta.
Metode Pembelajaran
Diskusi Kelompok
Media / Alat peraga
Gambar
Sumber Belajar
Buku Pendidikan Bahasa Indonesia kelas 2 SD Masmedia, internet.
Kalimat Fakta adalah kalimat yang berisi peristiwa atau hal yang nyata, telah atau sedang terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya.
Matematika
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat menyebutkan dan membedakan bentuk segi lima dan segi enam.
- Siswa dapat menghitung jumlah sisi dan sudut pada segi lima dan segi enam.
- Siswa dapat menyebutkan dan membedakan bentuk segi lima dan segi enam.
- Siswa dapat menghitung jumlah sisi dan sudut pada segi lima dan segi enam.
Media :
- Gambar berbagai bentuk segi lima dan segi enam
- Buku cetak Matematika kelas 2 Mediatama dan Kemendikbud
- Gambar berbagai bentuk segi lima dan segi enam
- Buku cetak Matematika kelas 2 Mediatama dan Kemendikbud
Kegiatan Pembelajaran:
1. Pengenalan
- Guru memperlihatkan gambar-gambar segi lima dan segi enam.
- Guru bertanya, "Apa yang kalian lihat pada gambar-gambar ini?"
- Guru menjelaskan bahwa bentuk-bentuk tersebut dinamakan segi lima dan segi enam.
2. Mencari Benda di Sekitar
- Siswa diminta mencari benda-benda di sekitar kelas yang memiliki bentuk segi lima atau segi enam.
- Contoh: Pintu kelas, jendela, tutup botol, pensil warna, dll.
3. Menggambar Segi Lima dan Segi Enam
- Guru memberikan kertas berwarna kepada setiap siswa.
- Siswa diminta menggambar segi lima dan segi enam sebanyak yang mereka bisa.
- Guru membimbing siswa dalam menggambar
1. Pengenalan
- Guru memperlihatkan gambar-gambar segi lima dan segi enam.
- Guru bertanya, "Apa yang kalian lihat pada gambar-gambar ini?"
- Guru menjelaskan bahwa bentuk-bentuk tersebut dinamakan segi lima dan segi enam.
2. Mencari Benda di Sekitar
- Siswa diminta mencari benda-benda di sekitar kelas yang memiliki bentuk segi lima atau segi enam.
- Contoh: Pintu kelas, jendela, tutup botol, pensil warna, dll.
3. Menggambar Segi Lima dan Segi Enam
- Guru memberikan kertas berwarna kepada setiap siswa.
- Siswa diminta menggambar segi lima dan segi enam sebanyak yang mereka bisa.
- Guru membimbing siswa dalam menggambar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar