19 November 2020

TEMA 5 SUB TEMA 2 PEMBELAJARAN KE 1 DAN 2

Kamis, 19 Nopember 2020

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholehah V C Apa kabar? Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin. Sebelum melaksanakan pembelajaran,jangan lupa dengar tausyiah serta rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha! jika semua telah di laksanakan silahkan absen di link berikut ini:

 

 ABSENSI KELAS 5 C

 Pembelajaran 1 dan 2

Muatan Pelajaran : IPA (KD 3. 5 dan 4. 5), Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7), dan SBdP (KD 3. 2 dan 4. 2)

Rangkuman Materi :

 

IPA (KD 3. 5 dan 4. 5)

Rantai Makanan

Rantai makanan adalah rangkaian peristiwa makan dan di makan antarmakhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya.

Setiap makhluk hidup memiliki peran masing-masing. Secara umum, terdapat tiga peran makhluk hidup di dalam rantai makanan.

1.      Produsen

Produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis. Contohnya rumput, padi, jagung, dan semua tumbuhan hijau

Produsen mampu mengubah energy dari cahaya matahari menjadi energy kimia

2.      Konsumen

Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak dapat membuat membuat makanannya sendiri sehingga mendapatkan energy dari makhluk hidup lain. Contohnya hewan

3.      Pengurai

Pengurai adalah makhluk hidup yang mengurai sisa-sisa tubuh makhluk hidup lain yang telah mati. Pengurai tersebut menghasilkan zat-zat kimia dan nutrisi yang dibutuhkan produsen. Contohnya cacing tanah, jamur, dan bakteri.

 


Padi          >> Tikus             >>Ular             >>Elang            >>Jamur

Produsen   Konsumen I     Konsumen II    Konsumen III      Pengurai

 

Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)

Untuk mengembangkan ide pokok dari teks yang disajikan, lakukan hal-hal berikut:

1.      Membaca teks non fiksi dengan seksama

2.      Menentukan ide pokok dari teks non fiksi

3.      Membuat kalimat baru yang berisi ide pokok tersebut menggunakan bahasa sendiri

4.      Menggunakan diksi dan ejaan yang tepat saat mengembangkan ide pokok menjadi kalimat-kalimat utama

Setelah membaca dengan seksama, kita dapat mengetahui kalimat utama dari paragraph tersebut terdapat pada kalimat pertama, yaitu “ meskipun sering dianggan sebagai hewan pengganggu, belalang ternyata memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan baik bagi tubuh manusia.

 Dari kalimat utama itu, barulah kalimat itu, barulah ide poko dapat kamu tentukan. Ide pokok dari paragraph non fiksi tersebut adalah “belalang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi”.

SBdP (KD 3. 2 dan 4. 2)

 

Property tari daerah dan fungsinya

Property adalah perlengkapan atau alat yang digunakan dalam tarian. Property berfungsi untuk memberikan keindahan pada tarian.

Property juga berfungsi sebagai media entuk menyampaikan makna yang terkandung dalam tarian. Property yang digunakan dalam tarian tradisional bermacam-macam, misalnya selendang, topeng, kipas, caping, piring, dan lilin


Berdasarkan gambar di atas jelaskan urutan rantai makanannya !

 Terima kasih anak sholeh dan sholeha V C, jangan lupa mengirimkan tugas ananda secara voice note ke grup siswa, dan kalau ada materi yang kurang paham silahkan ananda tulis komentar di blogger...tetap semangat dan jaga kesehatan.....Waalaikumsalam WR.WB

1 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Materi Sikap Adil di Masyarakat PAK

  Hari/tanggal       : Jumat, 15-11-2024 Kelas : 2 A Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarn...