02 Agustus 2021

TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN KE 1

 Hari/Tanggal : Senin/01 Agustus 2021


Sholeh Sholeha VE

Tabik pun! Bagaimana kabarnya Sholeh Sholeha 2B hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat & tetap semangat meskipun belajarnya dari rumah, seperti biasa sebelum Sholeh Sholeha memulai kegiatan pembelajaran hari ini, Bu guru ingin memastikan Ananda semua sudah mendengarkan tausiyah, melakukan muroja'ah surat Al-Qoriah dan Al-Adiyat dilanjutkan dengan sholat dhuha, serta mengisi absensi yang linknya sudah Bu guru bagikan di grup WA ya nak.


Hari ini kita mempelajari Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 1 tentang kalimat perintah pada teks percakapan, gambar imajinatifJika sudah siap untuk belajar, sholeh sholeha bisa simak video pembelajaran dan ringkasan materi di bawah ini, jangan lupa berdoa terlebih dahulu ya 👇

Video Pembelajaran :

Menyebutkan Kalimat Perintah dalam Teks Percakapan

Kalimat perintah isinya menyuruh untuk melakukan sesuatu.

Ciri-ciri kalimat perintah :

  1. Menggunakan akhiran "lah"/"kan"
  2. akhir kalimat menggunakan tanda seru (!)
Kalimat perintah harus diucapkan dengan sopan.


Kalimat perintah yang ada dalam percakapan antara Ibu dan Udin :
  • Bagilah bekalmu dengan teman-teman, ya Din!
  • Bawalah tempat bekalmu kembali, ya!
Ibu menyuruh Udin untuk berbagi dengan teman di sekolah dan membawa kembali tempat bekalnya, kalimat tersebut juga diakhiri tanda seru (!) dan memakai akhiran "lah" yaitu kata "bagilah" dan "bawalah".

Contoh kalimat perintah yang lain :
  1. Buanglah sampah pada tempatnya!
  2. Rapikan buku-buku yang ada di rak!

Menggambar Imajinatif 
  • Gambar dibuat dengan coretan alat tulis pada media gambar.
  • Media gambar dapat berupa kertas, daun, kain, atau papan.
  • Gambar dapat diwarnai dengan pensil warna, krayon, atau spidol warna.
  • Menggambar dapat dilakukan dengan mengamati objek secara langsung atau membayangkannya.
  • menggambar dengan cara membayangkan atau mengkhayal disebut menggambar imajinatif.
Gambar dapat diwarnai dengan pensil warna, krayon, atau spidol warna :














Perbedaan hasil mewarnai dengan krayon, pensil warna dan spidol warna :

  • Krayon : Warna yang dihasilkan tebal, kertas mudah kotor, sulit dihapus, warna yang dihasilkan bagus, teksturnya kasar.
  • Pensil warna : Warna yang dihasilkan halus, kertas tidak mudah kotor, mudah dihapus, tekstur halus, saat mewarnai disa terlihat putih-putih karena tidak tebal.
  • Spidol warna : Warna yang dihasilkan tebal, kertas tidak mudah kotor, warna pada kertas bisa tembus, tekstur halus terkadang kasar. 

Menghitung Penjumlahan Bilangan Ratusan 














Latihan 

Gambarlah sebuah pohon di buku gambarmu dan warnai dengan memilih salah satu alat mewarnai berikut ini :
  • Krayon 
  • Pensil warna
  • Spidol
*jangan lupa diberi nama dan kelas lalu di bawah gambar diberi keterangan alat apa yang kamu gunakan untuk mewarnai.

Setelah selesai, kirimkan tugasnya ke WA pribadi Bu guru, terimakasih sholeh sholeha 2B, salam sehat dan semangat 😊

Wassalamualaikum, wr, wb. 

Dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini :



 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Sikap Adil di Masyarakat PAK

  Hari/tanggal       : Jumat, 15-11-2024 Kelas : 2 A Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarn...