05 Agustus 2024

MATERI AJAR B.INDONESIA & MATEMATIKA


senin, 05 agustus 2024

 


Hari/tanggal : Senin, 05-08-2024


Kelas : 2 A


Sumber belajar : Buku Pendidikan Matematika dan B.Indonesia kelas 2 Masmedia serta internet


Selamat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊 



Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.


Bahasa Indonesia

Capaian Pembelajaran:


Membaca dan Memirsa


Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.


Berbicara dan Mempresentasikan


Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.


Tujuan Pembelajaran 


Membaca


Memahami kosakata baru pada tabel dengan menggunakan petunjuk visual.


Berbicara


Menjelaskan hubungan sebab akibat sederhana secara runtut.


Alur Tujuan Pembelajaran


    Membaca


1.1 Melalui membaca bersama teman, peserta didik dapat mengenali kata-kata baru pada tabel dengan menggunakan petunjuk visual


Berbicara



1.2 Melalui pengamatan terhadap pengalaman diri sendiri, peserta didik dapat menyatakan pendapatnya tentang cara menenangkan diri dan memberikan argumentasi.


1.3 Melalui diskusi, peserta didik dapat menghubungkan cara menenangkan diri ketika marah dengan akibat yang akan terjadi.


Materi Pembelajaran :


Berbicara





Pilihlah satu cara menenangkan diri dalam tabel di atas.  

Lalu, pilih satu cara yang tidak kalian setujui.   

Sampaikan alasan kalian.

Contoh:

Saya tidak setuju menenangkan diri dengan bersepeda karena jika 

bersepeda dengan perasaan marah, kita bisa jatuh.


Matematika


Bilangan


Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.


Peserta didik membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.


Tujuan Pembelajaran :


Peserta didik dapat mengurutkan bilangan 3 angka, cara membaca, cara menulis dan memahami makna dari nilai tempat ratusan.


Mengurutkan Bilangan Ratusan


Dalam mengurutkan bilangan ratusan, kita juga harus melihat dari angka ratusan, puluhan, dan satuannya.


Namun, perhatikan pertanyaannya, ya. Jika kita diminta mengurutkan dari kecil ke besar atau sedikit ke banyak, maka bilangan diurutkan dari yang nilainya paling kecil ke bilangan yang nilainya paling besar.


Lihat contoh di bawah ini, ya!


1. Urutkan bilangan berikut dari yang terkecil ke terbesar


122, 102, 120


Jawabannya, urutan bilangan dari yang terkecil ke terbesar adalah 102, 120, 122


2. Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar ke terkecil


234, 228, 245





Jawabannya, urutan bilangan dari yang terbesar ke terkecil adalah 245, 234, 228

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Sikap Adil di Masyarakat PAK

  Hari/tanggal       : Jumat, 15-11-2024 Kelas : 2 A Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarn...