05 Mei 2025

Materi Ajar B.I & Matematika

 



 


Hari/tanggal       : Senin, 05-05-2025

Kelas : 2 A


Semangat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2A 🙏 bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar dan beribadah.

Kita telah mempelajari tentang cerita rakyat, hobi dan kata penghubung 'dan' serta 'tetapi'.

Matematika kita telah selesai mempelajari cara membaca dan menyajikan data dalam bentuk diagram turus. Hari ini kita akan mempelajari piktogram.

Sebelum belajar mari kita melaksanakan solat dhuha dan muroja'ah terlebih dahulu.

BAHASA INDONESIA

Elemen

Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.


TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat mengetahui berbagai kosakata baru melalui membaca cerita rakyat "Joko Kendil dan Si Gundul."

Peserta didik dapat mengetahui teks prosedur melalui membaca teks “Membuat Mobil Mainan dari Kardus Bekas”.

Metode Pembelajaran :

Metode ceramah, tanya jawab, diskusi.

Media / Alat peraga

Buku Cetak B.Indonesia Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.

Video pembelajaran 👇

Berdasarkan gambar pada cerita 'Joko Kendil dan Si Gundul' di atas, dapatkah kalian mengetahui makna kosakata kesepian dan gundul?

Jika dilihat dari KBBI, kosakata tersebut masing-masing memiliki makna sebagai berikut :
1. Kesepian : perasaan sunyi (tidak berteman dan sebagainya)
2. Gundul : tidak berambut (kepala), botak.


Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah membuat sesuatu. Infografik pembuatan eco brick pada bab sebelumnya juga merupakan contoh teks prosedur.

Matematika
Elemen

Analisis Data dan Peluang

Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui membaca cerita peserta didik dapat membaca dan menyajikan data menggunakan piktogram atau diagram gambar.

Metode Pembelajaran :

Metode ceramah, tanya jawab, latihan soal.

Media / Alat peraga

Buku Cetak Matematika Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.

Video pembelajaran 👇

Pengertian Piktogram

Menurut teori matematika, piktogram adalah diagram yang menggunakan gambar sebagai jumlah setiap kategori. 

Piktogram ini biasanya disajikan dalam bentuk gambar atau lukisan untuk mewakili benda dengan banyak benda pada data. 

Gambar yang digunakan juga harus disesuaikan dengan objek pada deskripsi untuk mewakili sejumlah objek. 

Perhatikan contoh berikut ini!

Siswa kelas II SD Al Azhar 2 mendata warna kesukaan. Ibu Guru membuat piktogram dari data yang sudah diperoleh menjadi seperti di bawah ini !


Dari piktogram tersebut, kita menemukan data bahwa 4 siswa suka warna ungu, 2 siswa suka kuning, 1 siswa suka hitam, dan 5 siswa suka warna merah. 

Dari piktogram di atas, kita mengetahui bahwa ikon orang mewakili jumlah 1 siswa. 

Latihan :

Perhatikan tabel berikut !


Jawablah soal berikut ini di buku tulis latihanmu dengan memperhatikan tabel di atas!

1. Dari tabel tersebut, banyak anak yang hobi melukis ada ...
2. Banyaknya hobi .... dan .... mempunyai jumlah yang sama.
3. Ada .... anak yang hobi memasak.
4. Jumlah seluruh anak pada tabel ada ...

Penutup :
Demikian materi hari ini Bu Guru sampaikan, untuk tugas silakan dikerjakan secara mandiri dan akan dikoreksi saat masuk sekolah.
Tetap semangat belajar dan beribadah anak-anak hebat 2A 🥰👍🏻

Refleksi :
Berdasarkan pembelajaran hari ini diketahui bahwa seluruh peserta didik mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan telah mengetahui piktogram serta kosakata baru pada cerita.

Dokumentasi :



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Remedial & Pengayaan SAS semester genap

    Hari/tanggal       : Rabu, 04-06-2025 Kelas : 2 A Semangat pagi sholih sholiha bu gu...