Hari/tanggal : Jumat, 02-05-2025
Kelas : 2 A
Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.
Pada pertemuan sebelumnya kita telah mengetahui makna sikap mandiri, hari ini kita akan mengulas kembali sikap mandiri dan latihan soal.
PAK (PENDIDIKAN ANTI KORUPSI)
Metode Pembelajaran :
Metode Tanya jawab
Media / Alat peraga
Buku Cetak Pendidikan Anti Korupsi Kelas 2 SD, video pembelajaran dan internet
Mandiri
Menurut KBBI, kata mandiri dimaknai dalam keadaan dapat berdiri sendiri; tidak bergantung pada orang lain. Adapun kemandirian merupakan hal atau keadaan dapat berdiri sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Pribadi yang mandiri tentunya berani menata diri dan menjaga diri. Ia terus berlatih untuk menjadi berkepribadian yang terpuji.
Pribadi yang mandiri berani menetapkan gambaran hidup yang ia inginkan. Dia berani mengarahkan kegiatan hidupnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Ia memiliki langkah-langkah, kegiatan atau tingkah laku yang efektif untuk mencapai gambaran kehidupan yang diidealkannya. Misalnya seseorang yang bercita-cita menjadi ekonom mulai sekarang belajar dengan sungguh-sungguh mengenai masalah ekonomi, tidak berleha-leha.
- Siswa tidak menyontek.
- Siswa mengerjakan tugas sendiri.
- Siswa mempersiapkan keperluan sendiri.
- Siswa yakin akan kemampuan diri sendiri.
- Siswa mau berjuang dan berusaha sendiri.
- Datang dan pulang sekolah sendiri.
- Melakukan tugas piket kelas secara bertanggung jawab.
- Latihan :
- Jawablah soal-soal berikut dengan tepat!
- 1. Mandiri artinya...
- a. Mengatakan yang sebenarnya
- b. Sama besar
- c. Tidak bergantung dengan orang lain
- 2. Jika kamu ingin membantu Ibu membersihkan rumah, contoh sikap mandiri yang bisa kamu lakukan adalah ....
- a. Hanya melihat Ibu bekerja
- b. Menyapu lantai sendiri
- c. Meminta adikmu yang melakukannya
- 3. Contoh sikap mandiri di sekolah saat mengerjakan tugas adalah ....
- a. Menyalin jawaban teman
- b. Berusaha menjawab soal sendiri
- c. Tidak mengerjakan tugas karena sulit
- 4. Mengapa sikap mandiri penting diajarkan sejak kecil?
- a. Agar kita tidak punya teman
- b. Agar kita bisa melakukan banyak hal sendiri tanpa selalu bergantung pada orang lain
- c. Agar kita selalu dibantu oleh orang dewasa
- 5. Sikap mandiri membuat kita menjadi anak yang ....
- a. Lemah dan tidak berdaya.
- b. Percaya diri dan bertanggung jawab.
- c. Suka memerintah teman lainnya.
Hari/tanggal : Rabu, 30-04-2025
Kelas : 2 A
Semangat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2A 🙏 bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar dan beribadah.
Kita telah selesai mempelajari bab 7 tentang peduli lingkungan, hari ini Bahasa Indonesia kita akan mempelajari tentang cerita rakyat, hobi dan kata penghubung 'dan' serta 'tetapi'.
Pada pelajaran Matematika kita akan melaksanakan sumatif harian tentang pengukuran berat dan melanjutkan mempelajari diagram turus.
Sebelum belajar mari kita melaksanakan solat dhuha dan muroja'ah terlebih dahulu.
Analisis Data dan Peluang
Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.
Metode Pembelajaran :
Metode ceramah, tanya jawab, latihan soal.
Media / Alat peraga
Buku Cetak Matematika Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.
BAHASA INDONESIA
Elemen
Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Metode Pembelajaran :
Metode ceramah, tanya jawab, diskusi.
Media / Alat peraga
Buku Cetak B.Indonesia Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.
Cerita rakyat adalah cerita zaman dahulu yang diceritakan secara lisan. Cerita rakyat merupakan sastra lisan. Salah satu cerita rakyat yang dapat kita baca berjudul "Joko Kendil dan Si Gundul."
Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.
Tujuan Pembelajaran
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam berkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk,memotong, dan merekat.
Metode Pembelajaran :
Cooperatif Learning
Materi:
Seni melipat origami
SENI MELIPAT ORIGAMI
Siapa yang suka melipat kertas?
Seni melipat dan membentuk kertas disebut juga sebagai Origami.
Origami adalah seni kuno dari jepang, dimana kita bisa membuat berbagai bentuk dengan hanya Melipat kertas.
Ayo kita belajar melipat dan membentuk kertas bersama-sama !
Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.
Tujuan Pembelajaran
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalamberkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk,memotong, dan merekat.
Metode Pembelajaran :
Cooperatif Learning
Materi:
Seni melipat origami
SENI MELIPAT ORIGAMI
Siapa yang suka melipat kertas?
Seni melipat dan membentuk kertas disebut juga sebagai Origami.
Origami adalah seni kuno dari jepang, dimana kita bisa membuat berbagai bentuk dengan hanya Melipat kertas.
Ayo kita belajar melipat dan membentuk kertas bersama-sama !
2). Lipatan Gunung atau Puncak, merupakan kebalikan dari lipatan lembah
4). Lipatan Flip terbalik internal dan eksternal adalah bertentangan kali lipatkeluar dan kedalam menjadi lambang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar