Hari/tanggal : Kamis, 24-07-2025
Kelas : 2 C
Good morning sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah.
Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
Media ajar: Video pembelajaran, buku cetak LKPD
CP :
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100. Peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).
Peserta didik mampu mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Pesertadidik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan
Membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
Mengenal bendera negara dan lagu kebangsaan
- Bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.
Materi Matematika
Pengertian Bilangan Cacah
Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari nol (0) dan terus bertambah satu per satu (1, 2, 3, 4, ...). Dalam materi ini kita akan belajar sampai bilangan 500.
Menulis Bilangan dalam Bentuk Angka dan Kata
Angka | Kata |
12 | dua belas |
25 | dua puluh lima |
137 | seratus tiga puluh tujuh |
405 | empat ratus lima |
500 | lima ratus |
Contoh latihan:
- Tulis angka:
a. Dua ratus lima → 205
b. Empat ratus tiga puluh satu → 431 - Tulis kata:
a. 56 → lima puluh enam
b. 189 → seratus delapan puluh sembilan
PENDIDIKAN PANCASILA
Tujuan Pembelajaran :
Mengenal bendera negara dan lagu kebangsaan
Video Pembelajaran :
📗 Materi 1: Ciri-ciri Bendera Negara Republik Indonesia
Nama Bendera: Bendera negara kita bernama "Sang Merah Putih".
Ciri-ciri Bendera Indonesia
Berbentuk persegi panjang.
Terdiri dari dua warna:
Warna merah di bagian atas.
Warna putih di bagian bawah.
Ukuran bendera umumnya 2:3 (misalnya panjang 150 cm, lebar 100 cm).
Tidak boleh dicoret atau digambar.
Kapan Bendera Dikibarkan?
Saat upacara bendera di sekolah atau hari besar nasional (seperti 17 Agustus).
Di kantor pemerintahan, sekolah, atau rumah-rumah warga saat peringatan kemerdekaan.
Latihan :
Simaklah video pembelajaran di atas dengan seksama!
“Pernahkah kalian merasakan perasaan seperti pada video?”
“Pada saat apa kalian merasa sedih?”
Mengenal Perasaan (Macam-Macam Perasaan)
o Apa itu Perasaan?
Perasaan adalah apa yang kita rasakan di dalam hati saat mengalami sesuatu. Misalnya, merasa senang saat bermain, atau merasa sedih saat kehilangan barang.
o Macam-Macam Perasaan
Nama Perasaan | Contoh Ekspresi | Contoh Kalimat Sederhana | Gambar |
Senang | Wajah tersenyum | Saya senang karena bermain bersama teman. | 😊 |
Sedih | Wajah menangis atau murung | Saya sedih saat mainan saya rusak. | 😢 |
Marah | Wajah cemberut atau kesal | Saya marah karena pensil saya diambil adik. | 😠 |
Takut | Wajah tegang, mata membesar | Saya takut saat lampu kamar mati. | 😨 |
Terkejut | Wajah kaget | Saya terkejut saat mendapat hadiah ulang tahun. | 😲 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar