23 September 2025

Materi Ajar Selasa, 23-09-2025

 

 

Materi/tanggal       : Selasa, 23-09-2025

Kelas : 2 C


Selamat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah melaksanakan sholat dhuha dan muroja'ah surat pendek.

Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning

Media ajar: Video pembelajaran, buku cetak, gambar


  • Capaian Pembelajaran (CP):

    1. Murid mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang  negara  Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.

    2. Peserta didik menunjukkan pemahaman terhadap berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.

    Tujuan Pembelajaran (TP):

    1. Mengenal simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang  negara  Garuda Pancasila
    2. Mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.

    Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

    1. Murid didik dapat mendiskusikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di rumah.
    2. Murid dapat menceritakan kembali nilai-nilai Pancasila yang telah diterapkannya dalam bentuk cerita pendek (di sekolah)
    3. Murid dapat membuat karya sederhana (gambar, poster) tentang nilai-nilai Pancasila.
    4. Murid dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
  • Materi Pendidikan Pancasila


  • Menceritakan Kembali Nilai-Nilai Pancasila dalam Bentuk Cerita Pendek (Di Sekolah)

    1. Nilai Pancasila di Sekolah

      • Sila 1 (Ketuhanan Yang Maha Esa): Berdoa sebelum belajar, menghormati teman yang berbeda agama.

      • Sila 2 (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab): Menolong teman yang kesulitan, berbicara dengan sopan.

      • Sila 3 (Persatuan Indonesia): Bermain bersama tanpa membeda-bedakan teman.

      • Sila 4 (Kerakyatan.../Musyawarah): Bermusyawarah saat memilih ketua kelas.

      • Sila 5 (Keadilan Sosial...): Membagi tugas piket dengan adil, saling berbagi alat tulis.

    2. Cara Menceritakan Kembali

      • Gunakan bahasa yang sederhana.

      • Ceritakan pengalaman nyata di sekolah.

      • Cerita dibuat singkat tapi jelas (3–5 paragraf pendek).

      • Tokoh bisa diri sendiri, teman, atau guru.

    3. Contoh Cerita Pendek
      Di sekolah, sebelum belajar kami selalu berdoa bersama. Teman-teman berbeda agama tetap saling menghormati. Saat ada teman jatuh, saya segera menolongnya. Kami juga sering bermain bersama tanpa membeda-bedakan. Saat memilih ketua kelas, kami musyawarah dan memilih dengan adil. Itulah cara kami menerapkan nilai-nilai Pancasila di sekolah.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    STS Ganjil Hari ke-6

        Hari/tanggal       : Jumat, 17-10-2025 Kelas : 2 C Selamat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu...