Hari/tanggal : Rabu, 19-11-2025
Kelas : 2 C
Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah melaksanakan sholat dhuha dan muroja'ah surat pendek.
Metode dan Media ajar
- Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
- Media ajar: Video pembelajaran, LKPD
Metode dan Media ajar
o Metode/ Model pembelajaran : Discovery Learning
o Media ajar : Video pembelajaran, LKPD
Capaian Pembelajaran (CP):
1. Murid mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Murid mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orangdewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Murid mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Murid mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
2. Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangancacah sampai 100.Murid dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingka mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan bendabenda konkret yang banyaknya sampai20. Murid menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).
📌 Tujuan Pembelajaran (TP)
1. Murid dapat berbicara dengan santun menggunakan intonasi dan volume suara yang tepat sesuai situasi.
2. Membandingkan panjang dan berat benda secara langsung, dan membandingkan durasi waktu.
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
1. Murid dapat dapat menunjukkan sikap santun saat berbicara kepada teman, guru, dan orang dewasa.
2. Murid dapat mengatur volume suara dan intonasi sesuai tempat dan lawan bicara.
3. Murid dapat mempraktikkan berbicara santun melalui dialog, permainan peran, atau kegiatan diskusi.
4. Murid dapat membedakan cara berbicara dalam situasi formal (misalnya : berbicara di kelas) dan informal (misalnya: berbicara dengan teman).
5. Murid dapat membuat cerita dengan struktur awal, tengah dan akhir yang sederhana.
6. Murid dapat membandingkan durasi waktu dua kegiatan sederhana
7. Murid dapat menyimpulkan perbandingan panjang, berat, dan waktu melalui kegiatan konkret.
KATA KERJA AKTIF DAN KATA KERJA PASIF
PENGERTIAN
Kata kerja aktif adalah kata kerja yang menunjukkan bahwa subjek (pelaku) melakukan Tindakan atau pekerjaan.
Kalimat aktif : Kalimat yang subjeknya melibatkan suatu pekerjaan
CIRI-CIRI UMUM
1. Kata kerja aktif menggunakan awal me- atau ber-
2. Fokus pada pelaku aksi
CONTOH : Membaca, menulis, memasak
Bermain, berpetualang, berdoa
PENGERTIAN
Kata kerja pasif adalah kata kerja yang menunjukkan bahwa subjek (penerima) dikenai tindakan.
CIRI-CIRI UMUM
1. Kata kerja pasif menggunakan awal di- atau ter-
2. Fokus pada pelaku aksi
CONTOH : ditulis, diantar, dipotong
Terkena, terjatuh, tersembunyi
🕒 1. Pengertian Waktu
Waktu digunakan untuk mengetahui kapan sesuatu terjadi.
Contoh: kapan kita bangun tidur, makan, atau pergi ke sekolah.
🕓 2. Satuan Waktu
Ada tiga satuan waktu utama yang perlu diketahui:
Detik (s)
👉 Waktu yang sangat singkat.
Contoh: menghitung “satu... dua... tiga...” saat bermain.
⏱️ 1 menit = 60 detikMenit (menit)
👉 Waktu yang agak lebih lama dari detik.
Contoh: menyikat gigi selama 2 menit.
⏰ 1 jam = 60 menitJam (jam)
👉 Waktu yang lebih lama lagi.
Contoh: kita belajar di sekolah selama 5 jam.
🕕 3. Membaca Jam
Jam ada dua jenis:
Jam analog (pakai jarum)
Jam digital (pakai angka)
🕐 Jam analog
Ada tiga jarum:
Jarum pendek → menunjukkan jam
Jarum panjang → menunjukkan menit
Jarum tipis → menunjukkan detik
📖 Contoh:
Jika jarum pendek di angka 3 dan jarum panjang di angka 12, maka jam menunjukkan pukul 3 tepat.
📷 Contoh Gambar (bisa digambar di papan tulis atau kertas)
Jarum pendek → 3
Jarum panjang → 12
→ Waktu: pukul 3 tepat
LATIHAN :

Tidak ada komentar:
Posting Komentar