Hari/tanggal : Kamis, 31-07-2025
Kelas : 2 C
Good morning my students 2C. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah.
Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
Media ajar: Video pembelajaran, buku cetak LKPD
Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100. Peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membanding kan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.
Tujuan Pembelajaran (TP):
- Menunjukkan sikap mendengarkan secara aktif dan sopan saat orang lain berbicara atau membaca teks.
- Menyimak teks atau cerita pendek yang dibacakan dengan minat dan antusias.
- Membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Peserta didik dapat memberi tanggapan sederhana secara sopan terhadap isi bacaan yang dibacakan teman atau guru.
- Peserta didik dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
- Peserta didik dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
Peserta didik dapat membandingkan dua atau lebih bilangan cacah hingga 500.
Peserta didik dapat mengurutkan bilangan cacah hingga 500 secara naik dan turun
Materi Bahasa Indonesia
Simaklah video pembelajaran di atas dengan seksama!
Menurut kalian, apa yang sedang dirasakan oleh tokoh yang ada pada cerita di atas?
Pernahkah kalian merasakan sedih atau marah di sekolah? Mengapa demikian?
o Apa itu Perasaan?
Perasaan adalah apa yang kita rasakan di dalam hati saat mengalami sesuatu. Misalnya, merasa senang saat bermain, atau merasa sedih saat kehilangan barang.
o Macam-Macam Perasaan
Nama Perasaan | Contoh Ekspresi | Contoh Kalimat Sederhana | Gambar |
Senang | Wajah tersenyum | Saya senang karena bermain bersama teman. | 😊 |
Sedih | Wajah menangis atau murung | Saya sedih saat mainan saya rusak. | 😢 |
Marah | Wajah cemberut atau kesal | Saya marah karena pensil saya diambil adik. | 😠 |
Takut | Wajah tegang, mata membesar | Saya takut saat lampu kamar mati. | 😨 |
Terkejut | Wajah kaget | Saya terkejut saat mendapat hadiah ulang tahun. | 😲 |
o Cara Menyimak dan menemukan informasi pada cerita
Menyimak adalah mendengarkan dengan baik apa yang dibacakan atau diceritakan orang lain.
Kita menyimak dengan telinga dan perhatian penuh.
Agar mudah memahami cerita, lakukan hal-hal berikut:
Duduk dengan tenang dan fokus.
Dengar baik-baik saat guru atau teman membaca cerita.
Jangan berbicara saat menyimak.
Perhatikan siapa tokohnya, apa yang terjadi, dan di mana kejadian itu berlangsung.
Informasi yang Bisa Ditemukan dalam Cerita
Setelah menyimak, kita bisa menemukan informasi seperti:
Siapa tokohnya? (Siapa yang ada di cerita?)
Apa yang terjadi? (Peristiwa atau masalah dalam cerita)
Di mana dan kapan kejadian itu terjadi?
Bagaimana peristiwa itu terjadi?
Mengapa hal itu terjadi?
Simaklah cerita pada video berikut ini, lalu jawablah pertanyaannya dengan benar dan tuliskan di buku kalian!
Materi Matematika
Perhatikan gambar/kartu bilangan di atas!
kartu bilangan warna apa yang lebih kecil?
Membandingkan dan mengurutkan bilangan
Membandingkan Bilangan
Bilangan dapat dibandingkan dengan memperhatikan nilai tempat.
Contohnya 35 dengan 39, angka puluhannya sama yaitu 3 sedangkan angka satuannya 5 lebih kecil dari 9. Maka 35 lebih kecil dari 39 (35< 39).
Pengertian Mengurutkan Bilangan:
Mengurutkan bilangan artinya menyusun bilangan dari yang paling kecil ke besar (naik) atau dari yang paling besar ke kecil (turun).
Urutan Naik (Menaik):
Dari kecil ke besar.
Contoh:
125, 138, 140, 162, 179
Urutan Turun (Menurun):
Dari besar ke kecil.
Contoh:
479, 462, 441, 410, 397
Tanda > artinya lebih besar, sedangkan tanda < artinya lebih kecil.
Latihan :
Susunlah 2 angka ratusan bersama teman sebangkumu, lalu bandingkan lah!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar