Hari/tanggal : Jumat, 29-08-2025
Kelas : 2 C
Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah melaksanakan sholat dhuha dan muroja'ah surat pendek.
Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
Media ajar: Video pembelajaran, buku cetak
Capaian Pembelajaran (CP):
Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Murid menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
Tujuan Pembelajaran (TP)
- Menyimak teks atau cerita pendek yang dibacakan dengan minat dan antusias.
Murid mampu mengamati dan mengenal elemen seni rupa (bentuk) di sekitarnya.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Murid dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
- Murid dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
- Murid dapat menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana.
- Murid memahami bahwa berbagai jenis bentuk berasal dari garis yang terhubung.
- Murid dapat dapat mengidentifikasi bentuk geometris yang termasuk bangun datar (lingkaran, segitiga, segiempat)
- Murid dapat membuat berbagai bentuk yang lebih kompleks.
- “Kalau kalian melihat gambar ini, pertanyaan apa yang bisa kalian ajukan? Misalnya: Siapa yang ada di gambar? Di mana mereka berada?”
- “Bagaimana caranya kita bisa mendapatkan informasi lebih banyak dari sebuah gambar atau cerita?”
Kata Tanya dalam Kalimat Tanya
Kata tanya yang sering digunakan:
- Apa → untuk menanyakan benda/peristiwa
- Siapa → untuk menanyakan orang
- Kapan → untuk menanyakan waktu
- Di mana → untuk menanyakan tempat
- Mengapa → untuk menanyakan alasan
- Bagaimana → untuk menanyakan cara
Contoh Kalimat:
- Apa makanan kesukaanmu?
- Siapa yang memakai kacamata?
- Kapan kamu berangkat ke sekolah?
- Di mana kamu bermain bola?
- Mengapa Kadek harus memakai kacamata?
- Bagaimana cara menjaga kesehatan mata?
Menulis tegak bersambung: siswa menyalin kalimat tanya dengan tulisan bersambung yang rapi.
Contoh Kalimat Tanya
Siapa nama temanmu?
Apa hobi kamu?
Di mana kamu tinggal?
Kapan kamu belajar?
Mengapa kamu rajin membaca?
(Siswa diminta menyalin kalimat-kalimat di atas dengan tulisan tegak bersambung.)
Latihan
. Tulis kembali kalimat tanya berikut dengan huruf tegak bersambung:
Apa warna kesukaanmu?
Dimana alamat rumahmu?
Bagaimana cara kamu berangkat ke sekolah?
. Buatlah dua kalimat tanya sendiri, lalu tulis dengan huruf tegak bersambung.
Materi Seni Rupa
Bidang beraturan (bentuk geometris)
1. Bentuk geometris adalah bentuk yang memiliki ukuran yang jelas sehingga dapat diukur secara matematis dengan garis, sudut atau kurva.
C Ciri-ciri:
· Bentuknya jelas dan teratur
· Memiliki ukuran yang tetap
· Sering kita lihat di bangunan dan mainan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar