20 Agustus 2025

Materi Ajar B.I, Matematika, Seni Rupa

 

 

Hari/tanggal       : Rabu, 20-08-2025

Kelas : 2 C


Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah.

Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning

Media ajar: Video pembelajaran, buku cetak



Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Murid menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan,   dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan. 

  2. Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangancacah sampai 100.Murid dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingka mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.  Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan bendabenda  konkret yang banyaknya sampai20. Murid menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak   (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).

     Tujuan Pembelajaran (TP)

  1. Menyimak teks atau cerita pendek yang dibacakan dengan minat dan antusias.
  2. Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
  2. Murid dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
  3. Murid dapat menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana.
  4. Murid dapat mengenal konsep penjumlahan sebagai penggabungan dua kelompok benda konkret.
  5. Murid dapat melakukan penjumlahan hingga 20 dengan bantuan benda konkret.

🟥 C. Penjumlahan Menggunakan Gambar

Gunakan gambar untuk membantu menghitung.

Contoh:
Ada 2 
🐱 kucing dan 4 🐶 anjing.
Total hewan:
2 + 4 = 6


🟨 D. Penjumlahan dengan Garis Bilangan

Contoh:
Hitung 5 + 2

Gunakan garis bilangan:
Mulai dari angka 5, lompat 2 langkah ke kanan 
➡️
5 + 2 = 7


🟦 E. Latihan Soal

  1. 6 + 3 = ___
  2. 2 + 4 = ___
  3. Ibu memberi 4 kue, lalu ayah memberi 5 kue lagi.
    ➡️ Total kue: ______
  4. Gambar 2 apel, lalu tambahkan gambar 3 apel.
    ➡️ Ada berapa apel semua? ______

🟩 F. Ayo Coba Sendiri! (Penjumlahan dalam Kehidupan Nyata)

🔎 Perhatikan sekitarmu!

  • Berapa jumlah teman sebangkumu dan teman di belakangmu?
  • Jika kamu punya 5 pensil dan meminjam 2 dari temanmu, berapa jumlah pensilmu sekarang?

Refleksi :
Berdasarkan pembelajaran hari ini diketahui bahwa seluruh peserta didik telah mengetahui cara melakukan operasi penjumlahan, menyimak teks, dan macam-macam bentuk.
Dokumentasi :











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kamis, 04-09-2025

    Hari/tanggal       : Kamis, 04-09-2025 Kelas : 2 C Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu se...