03 Oktober 2025

Jum'at, 03 Oktober 2025

 


 

Hari/tanggal       : Jumat, 03-10-2025

Kelas : 2 C


Semangat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊

Hari ini kita akan melaksanakan sumatif harian seni rupa dan mengulas tanda peringatan di tempat umum.

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah melaksanakan sholat dhuha dan muroja'ah surat pendek.

Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning

Media ajar: Video pembelajaran, buku cetak, gambar



Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Murid menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan,   dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan. 

  2. Murid mampu memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan  menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa

Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dari teks aural atau percakapan sederhana tentang diri sendiri.
  2. Murid mampu menyebutkan pengalaman visual di sekitarnya
  3. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

    1. Murid dapat mengetahui istilah tempat umum dan contohnya.

    2. Murid dapat mengetahui tentang tanda-tanda peringatan di tempat umum.

    3. Murid mampu menyebutkan pengalaman visual di sekitarnya.

    4. Murid mampu membuat karya seni rupa sesuai pengalaman visualnya.

Materi Bahasa Indonesia

Tempat Umum

Tempat umum adalah suatu tempat yang umumnya terdapat banyak orang yang berkumpul untuk melakukan suatu kegiatan baik secara sementara maupun secara terus menerus dan baik membayar maupun tidak membayar. Tempat umum juga dapat diartikan sebagai sarana yang diselenggarakan oleh pemerintahswasta atau perorangan yang digunakan untuk kegiatan bagi masyarakat demi kenyamanan bersama.
Tempat umum meliputi, sarana kesehatan, sarana sekolah, tempat ibadah dan pasar.


Tanda Peringatan

Tanda segitiga kuning adalah peringatan akan bahaya, sedangkan tanda lingkaran merah dicoret adalah larangan.

Berikut ini adalah makna dari tanda peringatan tersebut.

Jangan mendorong;

Jangan membuka pintu;

Jangan memberi makan hewan;

Hati-hati lantai licin;

Hati-hati ada ayunan;

Hati-hati ombak besar;

Jangan sentuh stop kontak;

Hati-hati ketika melangkah;

Hati-hati barang panas.

Materi Seni Rupa

  • Membuat karya seni rupa berdasarkan pengalaman




    ·      “Apa yang kamu lihat?” “Apakah gambar ini bisa dijadikan karya seni?”


  • 1.   A. Apa itu Pengalaman Visual?

    Pengalaman visual adalah hal-hal yang kita lihat dan alami setiap hari, misalnya:

    ·         Pergi ke pasar bersama ibu.

    ·         Bermain di taman.

    ·         Melihat pelangi setelah hujan.

    ·         Menonton pertunjukan wayang.

    Pengalaman ini bisa dijadikan ide untuk membuat gambar atau karya seni.


    B. Jenis Karya Seni Rupa Sederhana :

    1.      Menggambar bebas (crayon/pensil warna/spidol).

    2.      Kolase (menempel kertas warna sesuai bentuk).

    3.      Mewarnai gambar berdasarkan pengalaman.


    C. Langkah Membuat Karya Seni Berdasarkan Pengalaman Visual:

    1.      Ingat kembali pengalaman yang menyenangkan (misalnya saat bermain, pergi bersama keluarga, atau melihat sesuatu yang indah).

    2.      Ceritakan secara lisan kepada teman atau guru.

    3.      Buat gambar dari pengalaman tersebut.

    4.      Tambahkan warna agar lebih menarik.

    5.      Tampilkan hasil karya di depan kelas.


    Alat dan Bahan:

    ·         Kertas gambar

    ·         Pensil

    ·         Pensil warna/crayon/spidol

    ·         Gunting dan lem (jika membuat kolase)

    ·         Kertas warna (untuk kolase)


  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    STS Ganjil Hari ke-4 Rabu, 15-10-2025

        Hari/tanggal       : Rabu, 15-10-2025 Kelas : 2 C Selamat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu ...