Hari/tanggal : Kamis, 02-10-2025
Kelas : 2 C
Good morning sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah melaksanakan sholat dhuha dan muroja'ah surat pendek.
Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
Media ajar: Video pembelajaran, buku cetak, gambar
Capaian Pembelajaran (CP):
Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Murid menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangancacah sampai 100.Murid dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingka mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan bendabenda konkret yang banyaknya sampai20. Murid menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).
Tujuan Pembelajaran (TP)
- Menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dari teks aural atau percakapan sederhana tentang diri sendiri.
- Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Murid dapat mengetahui istilah tempat umum dan contohnya.
Murid dapat mengetahui tentang tanda-tanda peringatan di tempat umum.
- Murid dapat mengenal konsep penjumlahan sebagai penggabungan dua kelompok benda konkret.
- Murid dapat melakukan penjumlahan hingga 20 dengan bantuan benda konkret.
Materi Matematika
Penjumlahan dan pengurangan dalam kehidupan sehari – hari.
A. Penjumlahan dalam Kehidupan Sehari-hari
Penjumlahan adalah proses menggabungkan dua kelompok atau lebih. Kata-kata yang sering muncul dalam soal cerita penjumlahan adalah: digabungkan, diberi lagi, dibeli lagi, jumlah, total, semuanya, bertambah.
Contoh 1: Penjumlahan Sederhana
- Soal Cerita: Di piring ada 4 buah apel. Ibu meletakkan 3 buah apel lagi di piring. Berapa total apel sekarang?
- Penyelesaian:
- Apel awal: 4
- Ditambah lagi: 3
- Kalimat Matematika: 4 + 3 = 7
- Jawaban: Jadi, total apel sekarang ada 7 buah.
Contoh 2: Penjumlahan dengan Angka yang Lebih Besar
- Soal Cerita: Dini punya 12 pensil warna. Ayah membelikan Dini 5 pensil warna baru. Berapa jumlah pensil warna Dini sekarang?
- Penyelesaian:
- Pensil awal: 12
- Dibeli lagi: 5
- Kalimat Matematika: 12 + 5 = 17
- Jawaban: Jumlah pensil warna Dini sekarang ada 17 buah.
B. Pengurangan dalam Kehidupan Sehari-hari
Pengurangan adalah proses mengambil atau mengurangi jumlah dari suatu kelompok. Kata-kata yang sering muncul dalam soal cerita pengurangan adalah: dimakan, hilang, pecah, diberikan kepada, sisa, selisih, berkurang, diambil.
Contoh 1: Pengurangan Sederhana
- Soal Cerita: Ibu membuat 10 kue bolu. Lalu, kamu dan adik memakan 4 kue. Berapa sisa kue bolu sekarang?
- Penyelesaian:
- Kue awal: 10
- Dimakan: 4
- Kalimat Matematika: 10 - 4 = 6
- Jawaban: Sisa kue bolu sekarang ada 6 buah.
Contoh 2: Pengurangan dengan Angka yang Lebih Besar
- Soal Cerita: Edo mempunyai 18 kelereng. Saat bermain, kelerengnya hilang 7 buah. Berapa sisa kelereng Edo sekarang?
- Penyelesaian:
- Kelereng awal: 18
- Hilang: 7
- Kalimat Matematika: 18 - 7 = 11
- Jawaban: Sisa kelereng Edo sekarang ada 11 buah.
C. LKPD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar